5 Langkah Cara Membuat Cincau Hijau

5 Langkah Cara Membuat Cincau HijauAnda suka dengan dawet? Iya, dawet yang sering dibuat untuk cendol atau sering kita kenal juga dengan nama cincau. Kebanyakan memang yang dikonsumsi itu biasanya cincau hitam, namun tahukah anda ternyata cincau hijau memiliki khasiat yang sangat luar biasa bagi kesehatan kita.

Kali ini admin secara khusus ingin berbagi cara membuat cincau hijau nikmat kepada anda. Namun, ada baiknya juga kalau kita singgung sedikit mengenai manfaat cincau hijau bagi kesehatan. Apa saja kira-kira ya manfaatnya? Mari simak berikut ini.

1. Cincatu hijau kaya dengan mineral yang baik untuk kesehatan. Mineral tersebut seperti kalsium dan fosfor. 
2. Sangat dianjurkan untuk anda yang sedang menjalani diet, hal ini dikarenakan cincau hijau mengandung rendah kalori namun tinggi serat. 
3. Meredakan panas dalam, sembelit, perut kembung, demam dan diare. 
4. Dapat membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker. 
5. Daun cincau hijau mengandung senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida. Zat ini bermanfaat untuk mengendurkan otot. 
6. Senyawa lain seperti isokandrodendrin dipercaya mampu mencegah sel tumor ganas. 
7. Cincau juga mengandung alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S,S-tetandrin yang berkhasiat mencegah kanker pada ginjal, antiradang dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Banyak sekali bukan khasiat cincau hijau bagi kesehatan. Nah, mari sekarang kita bahas bagaimana cara membuat cincau hijau berikut ini. Pertama, persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, hanya dua saja :).

5 Langkah Cara Membuat Cincau Hijau


Bahan-bahan

Daun Cincausecukupnya
Airsecukupnya

Cara Membuat Cincau Hijau 

1
Ini penampakan daun cincaunya, sebelumnya cuci bersih daun dalam baskom.

2
Tambahkan air matang suam-suam kuku ke dalam baskom sesuai selera, kalau suka kenyal sekali cukup tambahkan sedikit air kurleb 300-400 ml air matang, kalau suka kenyal lembut tambahin airnya. Kemudian remas-remas daunnya, untuk mempermudah meremas daun2nya, sobek2 dahulu daunnya.

3
Remas-remas daun sampai menjadi daun-daun kecil seperti bubur dan mengeluarkan gel-gel yang berwarna hijau.Jangan terlalu kuat meremasnya ya, karena nanti bisa menghasilkan busa yang berlebihan, bisa berpengaruh dengan hasil akhirnya nanti, memerasnya dengan perlahan-lahan saja.

4
Setelah dirasa cukup, saring bubur daun ke dalam wadah sambil diremas perlahan.

5ini hasilnya, tinggal tunggu kenyalnya saja, kalau mau cepat masukkan dalam kulkas, siap dibuat minuman yang segar dan menyehatkan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat cincau hijau yang berhasil kami rangkum. Mudah-mudahan bermanfaat. Baca juga 12 Langkah Cara Membuat Batik Tulis.
Share
 
Copyright © 2015. Cara Membuat Lengkap.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License